Selasa, 07 Oktober 2014

Misteri “Pak Tua” Penunggu Danau

Pada tahun 1886, ketika ahli geologi Joseph S. Diller membuat studi geologi pertama di danau kawah Oregon (Oregon Crater Lake), di Amerika Serikat, ia melihat tunggul pohon yang berdiri dan sepenuhnya tak tertambat serta bergerak di sepanjang danau, diarahkan oleh angin dan ombak. Enam tahun kemudian, Diller mempublikasikan penemuannya di mana ia menggambarkan secara singkat melihat tunggul. Ini menjadi catatan tertulis pertama dari apa yang akhirnya kemudian dikenal sebagai Old Man of the Lake.

Seperti yang dikutip dari Alam Mengembang Jadi Guru, Batang pohon hemlock kuno ini sampai sekarang masih masih ada disana, mengambang dan melonjak-lonjak, serta benar-benar vertikal, di perairan selama lebih dari 100 tahun. Diameter tunggul sekitar 2 kaki dengan dan berdiri sekitar 4 kaki di atas permukaan air. Permukaan tunggul telah dikelantang menjadi putih oleh sinar matahari selama bertahun-tahun, dan meskipun ujung tunggul yang mengambang tersebut telah pecah dan usang, namun masih cukup lebar dan cukup ringan untuk mendukung berat badan seseorang.


Foto tahun 1930

Pada awalnya Diller pikir pohon itu berakar ke bawah dan mungkin merupakan bukti bahwa permukaan Danau kawah telah meningkat dari waktu ke waktu. Tapi kemudian, Diller sadar bahwa pohon itu bergerak. Selama bertahun-tahun, danau menjadi objek wisata dan ‘Pak Tua’ menjadi selebriti.
Mengapa Pak Tua mengapung tegak dan belum menjadi benar-benar basah kuyup dan tenggelam, atau membusuk, tetap menjadi sesuatu yang misteri. Teori yang berlaku umum adalah bahwa pohon jatuh ke dalam danau, mungkin karena tanah longsor, yang bersamanya jatuh pula batu-batu yang kemudian terperangkap di antara akar-akarnya, yang membuatnya berat dan melonjak-lonjak . Seiring waktu, akar membusuk dan batu-batu jatuh ke kedalaman, tapi kemudian bagian pohon yang terendam telah menjadi basah kuyup, dan berat air terus membuatnya vertikal. Sedangkan bagian yang berada di atas air kering di bawah sinar matahari, dan memberikan Pak Tua daya apung yang cukup untuk tetap bertahan. Air danau yang dingin mencegah kayu dari membusuk.
Sebuah fitur yang luar biasa dari Pak Tua adalah bahwa ia bergerak ke seluruh danau. Pada tahun 1938, naturalis John Doerr menghabiskan tiga bulan pelacakan pola perjalanannya, dan menemukan bahwa dalam jangka waktu tersebut, pohon melakukan perjalanan sejauh 62 mil, dan pada satu hari yang sangat berangin, Pak Tua bepergian 3,8 mil.



Sebuah legenda yang mengatakan bahwa Pak Tua mengendalikan cuaca merebak, karena pada tahun 1988, selama ekspedisi penyelaman di danau, para ilmuwan mengikatnya dekat pulau Wizard untuk menghindari pohon menabrak kapal selam. Cerita berlanjut bahwa saat mereka mengikatnya, langit mulai gelap, dan badai bertiup. Langit secara ajaib cerah kembali saat Pak Tua dilepaskan.





Artikel Terkait

Misteri “Pak Tua” Penunggu Danau
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Tambahkan Komentar Anda !
Komentar Dengan Bijak !
Gunakan Kata Kata Yang Sopan , Dan Bisa Di mengerti !