Rabu, 17 September 2014

Misteri Mitos Gunung Padang

Gunung Padang, bak cerita dongeng 1001 malam. Kemunculan situs megalitikum ini ke panggung nasional dibumbui sejumlah cerita legenda. Mulai dari harta karun, atlantis yang hilang, makhluk asing, piramida, kekuatan mistis, Prabu Siliwangi, dan aneka cerita lainnya. Percaya nggak percaya!

Seperti yang dikutip dari detik.com, Kini eskavasi dilakukan di Gunung Padang, Cianjur. Tim arkeolog dan geolog dari tim Terpadu Riset Mandiri, mengungkap sejarah yang tersimpan di Gunung Padang. Mungkin, dengan ekskavasi bisa terungkap segala mitos dan legenda yang selama ini terlanjur beredar dan membumbui situs bersejarah itu.



Soal cerita Gunung Padang termasuk berbagai mitosnya juga disebut dalam buku arkeolog Ali Akbar yang juga tergabung dalam Tim Terpadu Riset Mandiri, ‘Situs Gunung Padang Misteri dan Arkeologi’.
“Misteri muncul sebagai konsekuensi logis akibat minimnya penelitian yang dapat menjawab pertanyaan seputar Gunung Padang,” tulis Ali seperti dikutip dari bukunya.
Menurut dia, misteri seputar Gunung Padang dimulai dari namanya. Nama Gunung Padang itu memiliki aneka arti dan makna, mulai dari cerita Istana Raja Siliwangi yang tak jadi dibangun dalam semalam, hingga disebut sebagai ibu peradaban. Padang sendiri artinya siang atau terang.
“Ada masyarakat setempat yang mengaitkan dengan Jabal Nur atau gunung cahaya di Mekkah. Gunung Padang memiliki pengertian berupa gunung atau bukit dan Padang yang dalam bahasa Sunda berarti siang, terang, atau cahaya. Di Gunung Padang manusia atau masyarakat mendapat pencerahan atau cahaya yang ajan menerangi kehidupan di dunia nyata dan dunia gaib,” tulis Ali.



Kemudian soal bagian-bagian di Gunung Padang. Ada 5 teras di Gunung Padang, di mana puncak tertinggi diyakini penduduk setempat sebagai lokasi untuk bersemedi. Tak heran kalau teras tingkat 5 ini disebut Eyang Perbuka. Memang tak sedikit orang yang datang ke Gunung Padang bersemedi di teras tingkat 5 ini.
Ali Akbar juga menulis di teras tingkat ke 5 ini ada juga gundukan batu bernama Eyang Prajisakti. Nah, konon kabarnya mereka yang ingin jadi dokter, dukun beranak, atau suster cocok bersemedi di bangunan ini.
Ada juga cerita mengenai singgasana Prabu Siliwangi, tokoh yang melegenda di Jawa Barat. Di teras ke 5 di Gunung Padang yang luas ada juga tempat yang disebut istana atau singgasana Prabu Siliwangi. Tempat itu dahulu di masanya kerap digunakan Prabu Siliwangi berdoa.
Batu-batu di Gunung Padang juga ada yang menjadi daya tarik karena mengeluarkan bunyi-bunyian. Kalangan sinden, dalang, atau seniman kerap datang dan bersemedi di batu-batu itu. Entah apa yang mereka cari. Mungkin saja, mereka percaya dengan mitos dari kekuatan di Gunung Padang.



Di teras satu dan dua di Gunung Padang juga menyimpan aneka cerita tersendiri. Juga, mata air di bawa Gunung Padang. Banyak di antara para pengunjung yang membersihkan diri di mata air itu sebelum naik ke Gunung Padang. Soal batu gendong, batu harimau, dan batu kujang juga terdapat di Gunung Padang. Mirip dengan kisah di tempat lain, misalnya bila bisa mengangkat batu gendong keinginan akan terkabul.
Yang paling mengejutkan soal Gunung Padang mungkin terkait dengan Atlantis dan harta karun emas. Ada kalangan yang meyakini kalau Gunung Padang merupakan sisa dari peradaban atlantis. Hal ini terkait dengan keyakinan kalau atlantis tak berada di Indonesia, tapi soal ini memang masih menjadi tanya. Demikian juga soal harta karun emas. Sebatas cerita dari mulut ke mulut saja soal emas ini, lagipula puluhan tahun diekskavasi tak pernah ada temuan emas di kawasan ini.
“Misteri Gunung Padang merentang pada periode yang sangat panjang. Misteri tersebut patut disambut sebagai bahan evaluasi bahwa masih banyak yang harus dilakukan oleh para ilmuwan dan peneliti di Gunung Padang dan sekitarnya,” tutup Ali.

Artikel Terkait

Misteri Mitos Gunung Padang
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar:

2 Februari 2018 pukul 07.55 delete

The article gives me a lot of useful information, unfortunately I know it's late. hotmail.com sign in

Reply
avatar

Tambahkan Komentar Anda !
Komentar Dengan Bijak !
Gunakan Kata Kata Yang Sopan , Dan Bisa Di mengerti !