Minggu, 21 September 2014

Top 6 Lautan yang Bersinar

Humorist James Thurber pernah menulis, “Ada dua jenis cahaya, yaitu sinar yang menerangi dan silau yang mengaburkan”. Dia mungkin juga telah berbicara tentang laut di malam hari. Dalam dunia yang mulai penuh dengan polusi cahaya saat ini, keindahan malam dapat sering dikaburkan oleh sinar lampu-lampu bisnis yang mengelilingi pantai dunia. Tetapi jika Anda melihat lebih dekat, di luar cahaya buatan manusia itu, Anda mungkin akan melihat sesuatu yang istimewa: cahaya bioluminescence yang tenang.

Seperti yang dikutip dari Alam Mengembang Jadi Guru, pasang bercahaya, yang diam-diam bersinar dalam kegelapan, ada di banyak lokasi di seluruh dunia. Kadang-kadang air bercahaya tampak seperti cahaya bintang yang berkelap-kelip di dalam air, dan kadang mereka bersinar dengan kecerahan yang cukup untuk dipakai membaca.
Jenis yang paling umum dari bioluminescence laut adalah yang dihasilkan oleh fitoplankton yang dikenal sebagai dinoflagellata. Sebuah studi yang terbaru untuk pertama kalinya mengidentifikasi saluran khusus dalam membran sel dinoflagellata yang merespon sinyal listrik – menawarkan mekanisme potensial untuk bagaimana ganggang membuat pencahayaan yang unik.
fitoplankton-fitoplankton ini memancarkan cahaya setiap kali mereka berdesakan atau stres, yang kadang disebabkan oleh pasang yang bergulir masuk dan keluar, kadang juga dapat disebabkan oleh gerakan perahu atau ikan yang bergerak melalui air. Sesekali, cahaya ini bahkan bisa muncul oleh goyangan lembut tangan pada air.
Berikut adalah enam tempat di seluruh dunia di mana Anda dapat melihat air bersinar:

1. Blue Grotto, Malta

Dicapai hanya dengan perahu khusus berlisensi, Blue Grotto of Malta dikatakan salah satu pemandangan alam yang paling spektakuler di dunia. Gua laut di pulau kecil Filfa ini dikelilingi oleh tebing-tebing tinggi yang terus dihantam oleh gelombang, menghasilkan cahaya berpendar mereka yang terkenal. Blue Grotto sebenarnya hanya salah satu dari sembilan gua, yang semuanya adalah tujuan wisata populer. Filfa sendiri, yang terletak lebih dari tiga mil ke laut, benar-benar tak berpenghuni – kecuali untuk beberapa jenis burung dan subspesies dari kadal yang dapat ditemukan di tempat lain.

2. Bioluminescent Bay, Puerto Rico

Ada tiga laguna bioluminescent di puerto rico, dan menjadi tujuan wisata yang populer, tempat di mana orang bisa kayak ke perairan dan menyebabkann air bersinar di malam hari. Ketiga laguna ini bercahaya hijau lembut, situasi yang alami tetapi sayangnya, salah satu dari tiga laguna akhir-akhir ini mulai kurang bersinar. Mudah-mudahan nasib yang sama tidak akan menimpa dua lainnya.

3. San Diego, California

Anda harus datang pada waktu yang tepat jika Anda berharap untuk melihat pasang bersinar di San Diego. Mereka tidak terjadi setiap tahun – pada kenyataannya, para ilmuwan belum tahu bagaimana memprediksi kapan mereka akan terjadi. Tapi ketika mereka terjadi, mereka terjadi cukup menakjubkan dan orang-orang berduyun-duyun ke pantai untuk memotret pasang biru cerah. Pasang San Diego mungkin bersinar dan mungkin tidak bersinar lagi tahun ini, tetapi mereka telah bersinar dalam dekade terakhir. Jadi siapa tahu, jika Anda berada di San Diego, cobalah berjalan-jalan di pantai di malam hari. Anda mungkin saja terkejut.

4. Navarre Beach, Florida

Bulan-bulan musim panas yang hangat adalah waktu yang tepat untuk pergi kayak di Florida, terutama di sekitar Indian River dan Mosquito Lagoon. Di sana, ketika planktonnya tepat, air akan bersinar saat kayak melintas atau ada ikan bergerak melalui air. Menurut website pariwisata VisitFlorida, efeknya membuat “ikan terlihat seperti komet biru”. Efek ini juga dapat dilihat dari waktu ke waktu di pantai, seperti dalam foto di atas.

5. Maladewa

Saat berlibur di Kepulauan Maladewa, fotografer Taiwan Will Ho terpesona dengan pemandangan malam yang luar biasa di pantai salah satu pulau dari kepulauan Maladewa, yang yang dipenuhi oleh jutaan fitoplankton bercahaya. Fenomena ini terjadi tidak hanya di satu pulau maladewa, tetapi juga di pulau-pulau lainnya, tapi pada bulan yang berbeda.

6. Toyama Bay, Jepang

Item terakhir ini hanya sedikit berbeda dari yang lain. Item yang lain diatas bersinar karena hadirnya ganggang di dalam air. Cahaya di Toyama Bay tidak berasal dari fitoplankton tetapi dari makhluk berpendar disebut cumi-cumi kunang-kunang. Setiap tahun dari Maret sampai Juni, Teluk toyama dibanjiri dengan jutaan cumi tiga inci, yang muncul dari kedalaman laut untuk berkembang biak. Ketika mereka memenuhi air dan pantai, baik nelayan dan operasi wisata beraksi.

Artikel Terkait

Top 6 Lautan yang Bersinar
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Tambahkan Komentar Anda !
Komentar Dengan Bijak !
Gunakan Kata Kata Yang Sopan , Dan Bisa Di mengerti !